Tips Agar Acara Reuni Sekolah Dasar Sukses

By | May 31, 2019

Ashaqil, Tips Agar Acara Reuni Sekolah Dasar Sukses – Tahukah Anda artikel yang kami bahas tentang Acara Reuni Sekolah Dasar ini ?, Jika Anda belum mengetahuinya, ikuti dan baca yang kami rangkum dari beberapa sumber dan Anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini kami berikan informasi menarik dan seputar informasi, kami akan mengulas tentang Acara Reuni Sekolah Dasar Sukses. Mewujudkan suatu acara reuni sekolah dasar bukanlah perkara mudah jika Anda tidak merencanakan secara matang. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai Acara Reuni Sekolah Dasar secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Foto Reuni SD

Anda bertemu teman-teman seperjuangan di sekolah pasti sangat menyenangkan. Sudah terbayangkan serunya mengenang masa lalu, terutama mengingat kenakalan dan keisengan yang pernah Anda lakukan dulu. Tidak sedikit juga yang tersipu malu karena berjumpa lagi dengan mantan pacar atau teman yang pernah Anda disukai.

Agar reuni Anda meninggalkan kesan mendalam, tentu perlu direncanakan dengan sebaik-baiknya. Karena itu, menjadi panitia reuni sering dianggap tugas yang susah atau tidak mudah.

Selain itu, jika ingin acara reuni dihadiri banyak orang, tentu Anda tidak bisa meminta teman-teman membayar mahal. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa acara reuni membutuhkan dana agar bisa terselenggara dengan baik.

Kerinduan dan nostalgia masa lalu tak bisa ditumpahkan hanya lewat jejaring dunia maya atau perangkat telepon seluler. Bahkan justru media internet dan seluler turut mendorong orang untuk bertatap muka. Meskipun demikian, pekerjaan yang tidak mudah mengumpulkan dan menarik atensi rekan-rekan lama dengan berbagai kesibukannya masing-masing.

1. Selektif memilih Panitia.

Pastikan Anda memilih orang-orang yang mau bekerja keras dengan ikhlas. Perlu diingat bahwa menjadi panitia reuni bisa menguras waktu, tenaga, dan pikiran, tapi tidak mendapat bayaran.

Bahkan biasanya Anda harus mengeluarkan biaya sendiri, seperti transportasi ke tempat rapat atau konsumsi pribadi. Karena itu, penting sekali untuk membentuk panitia yang siap mendedikasikan dirinya selama masa persiapan sampai acara terselenggara.

2. Perhatikan Daftar Alumni.

Salah satu faktor terpenting dalam sebuah reuni adalah kehadiran peserta dalam acara tersebut. Semakin banyak teman-teman yang bisa datang, tentu semakin baik.

Panitia bisa memanfaatkan media sosial untuk mengumpulkan data teman-teman sekolah atau teman komunitas, tergantung reuni apa yang ingin diselenggarakan.

3. Pilihlah Waktu yang Tepat.

Liburan sekolah (sekitar Juni – Juli) sering dipilih sebagai waktu reuni besar karena di waktu itulah teman-teman yang tinggal di luar kota atau di luar negeri bisa pulang kampung. Tapi, pada saat bersamaan, di waktu itu juga banyak keluarga yang memutuskan untuk berlibur ke luar kota atau luar negeri.

Karena itu, sebaiknya Anda tentukan tanggal reuni setidaknya 6 bulan sebelum hari H. Dengan demikian setiap teman punya waktu untuk mengatur rencananya masing-masing.

4. Pilihlah Tempat Strategis.

Aula, rumah makan atau lapangan sekolah merupakan pilihan ideal untuk tempat reuni. Pasti banyak teman yang sudah jarang ke sekolah sejak lulus dan mereka akan semangat mengunjungi sekolah tercinta. Di sisi lain, penggunaan aula sekolah juga akan memangkas biaya acara secara signifikan.

Tapi, jika reuni Anda tidak terlalu besar, misalnya hanya dengan teman sekelas, restoran setempat bisa jadi pilihan. Yang perlu dilakukan, Anda tinggal memesan tempat berdasarkan jumlah orang yang mengonfirmasi akan datang.

Setiap teman tinggal membayar makanan dan minuman masing-masing. Tidak ada biaya tambahan. Atau, buat saja potluck reunion party di rumah salah satu teman. Buat daftar siapa yang akan membawa apa dan pastikan ada panitia kecil yang akan membantu mendekorasi atau mengatur rumah.

5. Anda Harus Pintar Mengirim Undangan.

Lupakan undangan yang dikirim manual via pos. Selain membutuhkan waktu lebih lama, cara ini juga membutuhkan biaya lebih banyak. Anda bisa Manfaatkan media sosial untuk mengabarkan acara ini ke teman-teman.
Anda bisa membuat Fanpage di Facebook atau buat undangan secara online. Saat ini banyak situs yang menyediakan jasa undangan online secara gratis.

6. Carilah Sponsor.

Dalam pencarian dana, manfaatkan para alumni untuk menjadi sponsor. Sebagai “balasan”nya, Anda bisa memasang logo atau menyebut merek si sponsor di tengah acara atau dicantumkan di buku acara.

Ini bisa menjadi salah satu cara mendapatkan dana. Jangan patok harga terlalu tinggi agar lebih banyak brand atau produk yang mau memasang iklan mereka di buku acara reuni Anda. Siapkan juga penawaran yang bersifat barter.

7. Tentukanlah Acara Reuni.

Jika reuni yang Anda selenggarakan hanya mencakup satu angkatan, manfaatkan alumni yang berbeda tahun kelulusan sebagai pengisi acara, mulai dari MC, fotografer, sampai hiburan. Mungkin Anda tetap harus mengeluarkan biaya untuk membayar jasa mereka, tapi tidak sebesar jika menyewa jasa profesional.

Untuk memeriahkan acara reuni, musik wajib ada. Tidak usah terlalu ambisius untuk menghadirkan DJ atau grup terkenal. Siapkan saja CD berisi kumpulan lagu yang berjaya di masa Anda sekolah dulu.

Minta salah satu teman Anda untuk menjadi penanggungjawab yang memilih lagu dan memastikan musik terus mengalun di tempat acara.

Setelah membaca tips ini, semoga acara reuni Anda berjalan lancar.

Baca juga Manfaat Silaturahmi Mendatangkan Rezeki dan Panjang Umur

Demikian yang dapat kami Ashaqil bagikan, tentang artikel ini Tips Agar Acara Reuni Sekolah Dasar Sukses, dimana sekiranya informasi ini berguna bagi Anda. Sekian dan terima kasih telah membaca dan mengunjungi www.ashaqil.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel silaturahmi berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *