Suka Dan Duka Saat Melakukan Touring Sepeda Bersama Teman

By | March 29, 2019

ashaqil.com – Melakukan touring sepeda bersama teman pasti mengasyikan di tambah jika dalam perjalanan melewati persawahan hijau dan subur. Kita bersyukur atas anugrah Tuhan yang telah di berikan kepada hamba-Nya. Pernahkah anda mengalami suka dan duka saat melakukan touring bersama teman ?…,, Ya. Anda pasti pernah mengalami hal seperti itu. Berikut pengalaman saya saat melaksanakan touring bersama. Langsung aja bro!!

Gambar Komunitas Minitrek Surabaya touring Madiun

Ketika kita akan melakukan touring, segala persiapan pasti sudah di siapkan jauh-jauh hari. Pada saat hari H, kita juga mengecek ulang perlengkapan yang di bawah. Mulai toolkit, suku cadang sampai P3K, bahkan kesiapan sepeda kita sendiri. Sebelum berangkat touring, pasti berkumpul dulu untuk memastikan dan mengecek ulang perlengkapan teman-teman. Setelah di rasa cukup, kita dan teman-teman pasti berdiskusi menentukan rute yang akan di lewati bersama. Kita juga menentukan pos-pos atau kilometer berapa kita akan berhenti beristirahat sejenak.

Baca juga: Perlengkapan Touring Sepeda Jarak Jauh

Dalam perjalanan saat bersepeda sebaiknya berbaris satu-satu kebelakang dan jaga jarak antar sepeda, agar tidak terjadi tabrakan jika ada pengereman mendadak. Sepanjang rute yang kita lewati tentunya ada suka dan duka. Di antara sukanya, kita bisa berhenti sewaktu-waktu. Tapi sebaiknya berhentilah ada pos yang telah disepakati. Kita bisa berhenti di warung untuk menikmati minuman secangkir kopi atau teh hangat. Bahkan cuma sekedar minum air mineral sambil sendau gurau dengan teman. Tapi jangan lupa periksa kondisi sepeda dengan seksama agar dalam melanjutkan perjalanan berikutnya lancar.

Gambar Komunitas Minitrek Melewati Jalan Gedek, Mojokerto

Waktu di jalan kita terus saling mengingatkan sesama taman agar posisi bersepeda jangan terlalu ke tengah. Sebagai leader di depan (road capiten), kita harus fokus dengan kondisi jalan yang di lewati. Jika ada lubang anda harus memberi isyarat kepada teman anda (jalan yang berlubang di tunjuk), supaya teman anda yang di belakang mengetahuinya. Begitu juga posisi nomer dua dan kebelakang biar semua menghindari lubang jalan. Pada saat traffic light (lampu merah) angkat salah satu tangan kita agar yang di belakang berhati-hati melakukan pengereman.

Baca juga: Komunitas Sepeda Mini Trek Surabaya

Sebagai leader sesekali harus menengok kebelakang untuk melihat jarak teman-teman dan pastikan tidak ada yang tertinggal jauh. Jika sampai tertinggal sebaiknya di tunggu sampai datang, kita tawarkan istirahat sejenak agar stamina bisa pulih kembali. Stamina masing-masing teman tentunya berdeda, kita tidak boleh paksakan untuk melanjutkan perjalanan jika ada mengalami kelelahan fisik. Beri motivasi kepada teman-teman dan ciptakan suasana ceria agar bersemangat lagi untuk melanjutkan perjalanan.

Gambar Saling Membantu Jika Terjadi Ban Bocor.

Waktu perjalanan biasanya kita mengalami kendala, baik stamina mulai berkurang, terjadi ban bocor atau lainnya. Kita harus bisa mengkondisikan keadaan ini supaya kekompakan terjaga. Misal, jika terjadi ke bocoran ban kita harus membantu biar cepat selesai dan sampai tujuan dengan selamat. Setelah sampai ditujuan kita dan teman-teman juga harus bisa menjaga kondisi tubuh agar perjalanan pulang nanti stamina tetap terjaga.

Dalam perjalanan pulang kekompakan tetap di jaga, sebagai leader saya harus mengatur kecepatan laju sepeda agar jarak antara teman tidak berjauhan. Beristirahatlah di tempat yang sejuk di bawah pohon atau warung kopi supaya stamina kembali pulih dan ketegangan atot-otot kendor lagi. Minumlah minuman penambah  cairan tubuh supaya dapat terjaga.

Jika dalam perjalanan pulang mengalami kerusakan pada sepeda, sebaiknya berhenti sejenak dan perbaiki sendiri dahulu. Carilah bengkel sepeda terdekat untuk membantu memperbaikinya, kita pastikan kekompakan terjaga. Jika benar-benar tidak dapat di perbaiki, sebaiknya carilah tumpangan searah yang menuju pulang. Kita abadikan momen perjalanan yang indah agar menjadi kenang-kenangan kita kelak.

Suka dan duka saat perjalanan memang mengasyikan, kita buat happy dan berfikir positif sesama teman. Karena semua itu tergantung kita dalam menyikapi suatu masalah. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini,  semoga dapat menginspirasi anda yang akan melakukan touring nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *