Sepeda Mini Trek Pertama di Dunia Ada di Indonesia

By | June 22, 2019

Ashaqil, Sepeda Mini Trek Pertama di Dunia Ada di Indonesia – Tahukah Anda artikel yang kami bahas tentang Sepeda Mini Trek Pertama ini ?, Jika Anda belum mengetahuinya, ikuti dan baca yang kami rangkum dari beberapa sumber dan Anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini kami berikan informasi menarik dan seputar informasi, kami akan mengulas tentang Sepeda Mini Trek Pertama di Dunia. Sepeda jenis minitrek adalah modifikasi dari sepeda mini buatan Jepang ukuran 20 inch yang sangat populer di tahun 80’an. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai Sepeda Mini Trek Pertama secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Sepeda Minitrek

Sepeda merupakan sarana transportasi di tahun 1800’an yang sangat populer dan di gemari oleh kalangan tertentu, karena sepeda waktu itu sangat terbatas dalam memproduksi. Alhasil harga sepeda menjadi mahal dan yang mampu membeli hanya orang tertentu saja. Namun seiring dengan berjalannya waktu di era modern ini, sepeda sudah tersisihkan oleh keberadaan sepeda motor, bahkan mobil yang mampu mengangkut banyak orang.

Di sisi lain, sepeda sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Seluruh anggota tubuh ikut bergerak saat kita mengayuh sepeda. Semakin cepat kita mengayuh sepeda semakin cepat kita keluar keringat dari tubuh. Saat ini manfaat sepeda bisa kita rasakan di mana kita butuh olahraga rutin. Selain jalan sehat dan lari, olahraga sepeda sangat di gemari oleh semua kalangan dengan harga sepeda cukup bersaing. Begitu juga bentuk sepeda itu sendiri semakin banyak pilihan dan bervariasi (modifikasi).

Berbicara soal bentuk dan modifikasi di negara kita tercinta Indonesia ini khususnya di kota Pahlawan Surabaya ada sepeda modifikasi asli buatan Arek-arek Suroboyo yang mereka namakan sepeda MINI TREK. Sepeda jenis jika kita lihat dari segi bentuk sangat unik dan menarik perhatian banyak orang, di mana onderdilnya antara lain :

  • Stang setir milik sepeda Jengki
  • Steam/manukan milik sepeda lawas
  • Posisi stang/tiang sadel di tinggikan
  • Crank berdiameter lebar (milik sepeda balap)
  • Gear belakang berdiameter kecil
  • Velg berdiameter 22 inches

Sepeda minitrek ini jika Anda perhatikan dengan seksama bentuknya memang kelihatan unik dan menarik. Sepeda Minitrek ini sudah ada di kota Surabaya sejak tahun 1980’an. Waktu itu bentuk sepeda  jenis ini masih di katakan jadul tidak sebagus saat ini.

Jawa Pos

                                          Sumber : Koran Jawa Pos tahun 2010

Sepeda minitrek sangat di gemari oleh anak muda Surabaya pada saat itu, terbukti dengan adanya grup-grup sepeda minitrek di beberapa wilayah Surabaya, tepatnya di daerah Surabaya Utara dan Selatan. Grup sepeda ini antara lain, Putra Madaz, Hadju, Sakmasek, dan Barbut. Sebetulnya masih ada beberapa grup tetapi tidak begitu terkenal pada masanya.

Minitrek 1

                   Gambar : Sepeda Minitrek dan kostum grup Barbut Surabaya

Pada tahun 1985, grup-grup sepeda ini saling berlomba adu kecepatan di jalan Bolodewo dan Dharma Husada Indah , Surabaya setiap akhir pekan. Grup sepeda ini tentunya memiliki seorang joki yang handal, bahkan  beberapa orang dari grup-grup minitrek ini masih aktif hingga sekarang. Mereka bisa di katakan melestarikan sepeda Mini trek yang lahir pertama kali dari kota Surabaya.

Mbah Muying 2

                          Gambar : Mbah Muying

Keberadaan sepeda mini trek tetap eksis hingga saat ini tak lepas dari sosok seorang mbah Muying, beliau adalah salah satu generasi pertama (paling lama). Beliau juga aktif sampai saat ini dan selalu memberikan motifasi kepada pada penggemar sepeda mini trek yang baru. Saat melaksanakan touring, sosok seorang mbah Muying menjadi motifator bagi teman-teman lain. Meskipun di usia yang tidak lagi muda, mbah Muying masih tetap konsisten dalam mengayuh sepeda mini trek.

Abah Jenggot

                                                Gambar : Abah Jenggot

Kakek yang satu ini oleh penggemar sepeda mini trek Surabaya di beri julukan “Abah Jenggot”, Beliau juga salah satu yang ikut melestarikan sepeda mini trek di Surabaya. Beliau tetap eksis hingga saat ini, jika komunitas Minitrek Surabaya melaksanakan touring sosok seorang Abah Jenggot sangat di butuhkan. Karena Beliau juga di juluki “Bengkel Berjalan” oleh teman-teman. Sepeda Beliau komplit berisi alat-alat servis sepeda.

Depan Grahadi

                  Gambar : Komunitas Mnitrek Surabaya

Sepeda mini trek di Surabaya setiap hari Jum’at malam komunitas ini berkumpul di depan taman Apsari Surabaya, jika untuk setiap hari Minggu pada mereka berkumpul di depan taman Bungkul Surabaya (CFD). Jika Anda penasaran dengan sepeda mini trek ini, Anda bisa datang pada dua hari tersebut dan Anda bisa nonton juga pada youtube di chenel “Yudi Purwono” sejak 2 (dua) tahun silam.

Sepeda mini trek saat ini sangat di gemari di seluruh Indonesia bahkan negara lain juga “Heran” melihat sepeda ini lewat akun youtube. Sebagai arek Suroboyo kita patut bangga karena sepeda minitrek ini merupakan Sepeda Mini Trek Pertama di Dunia Ada di Indonesia yang ada di kota Surabaya tercinta.

Baca juga :

Demikian yang dapat kami Ashaqil bagikan, tentang artikel ini Sepeda Mini Trek Pertama di Dunia Ada di Indonesia, dimana sekiranya informasi ini berguna bagi Anda. Semoga keberadaan sepeda mini trek ini tetap eksis tidak punah di masa akan datang, karena sepeda jenis ini pertama kali ada hanya di kota Surabaya. Sekian dan terima kasih telah membaca dan mengunjungi www.ashaqil.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel sepeda berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *