Perlu Perubahan Gaya Hidup Di Usia 30 Tahun

By | August 16, 2019

Ashaqil, Perlu Perubahan Gaya Hidup Di Usia 30 Tahun – Tahukah Anda artikel yang kami bahas tentang Gaya Hidup Di Usia 30 Tahun ini ?, Jika Anda belum mengetahuinya, ikuti dan baca yang kami rangkum dari beberapa sumber dan Anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini kami berikan informasi menarik dan seputar informasi, kami akan mengulas tentang Perubahan Gaya Hidup Di Usia 30 Tahun. Menginjak usia 30 tahun merupakan pertengahan dalam kehidupan. Karena boleh kita katakan tidak muda lagi dan akan memasuki masa tua. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai Gaya Hidup Di Usia 30 Tahun secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Gaya hidup

Ketika usia kita memasuki 30 tahun bagi sebagian orang dianggap sebagai fase pertengahan dalam kehidupan. Karena tidak muda-muda banget dan tidak tua-tua juga.Usia 30 tahun cara berfikir kita juga sudah harus di ubah dengan bijak. Pastinya, di usia ini seseorang harus makin bijak dalam berpikir dan bertindak dalam segala hal, termasuk dalam urusan finansial. Nah, ada beberapa tips sukses finansial buat Anda yang memasuki usia 30 tahun.

Artikel terkait :

Anda pastinya tidak mau jika kondisi finansialmu sama seperti tahun-tahun sebelumnya? Pasti Anda ingin perubahan dalam hidup Anda, apalagi di usia 30 tahun ini dipandang sebagai masa yang menentukan bagaimana nantinya Anda di masa depan. Apakah di masa depan Anda hidup sejahtera atau tidak sama sekali.

Dalam merencanakan finansial di usia 30 tahun ke atas, Anda harus pertimbangkan secara matang. Agar jangan sampai salah dalam bertindak, bangunlah kebiasaan-kebiasaan positif yang bisa bikin kondisi finansialmu selalu sehat dari waktu ke waktu. Berikut tips-tips sukses finansial yang wajib Anda lakukan saat berusia 30 tahun.

1. Gaya hidup harus sesuai dengan kondisi finansial

Gaya hidup 1

Gaya hidup biasanya bertolak belakang dengan finansial kita. Kita sering paksakan untuk membeli sesuatu barang walaupun finansial kita kurang mencukupi dan akhirnya pada pertengahan bulan kita bingung. Maka, jangan ada lagi cerita habiskan uang tanpa adanya bujet sama sekali. Emangnya di usia 30 tahun kamu masih mau mengulang kisah sering tekor di pertengahan bulan? Atau keseringan utang pakai kartu kredit cuma buat memuaskan keinginan?

Kalau Anda tidak ingin seperti itu lagi, mulailah sesuaikan gaya hidup dengan kondisi finansial. Ini jadi tips sukses yang harus Anda lakukan saat sudah berusia 30 tahun

Memulainya gampang kok. Pertama-tama, selalu bikin bujet buat pengeluaran setiap bulannya. Alokasikan gaji sebesar 55 persen buat kebutuhan pokok, 25 persen buat kebutuhan pribadi atau bayar cicilan, serta 15 persen buat investasi dan asuransi.

Kedua, Anda juga rajin mencatat setiap pengeluaran yang terjadi. Apa pun pengeluarannya itu. Jangan sampai ada yang terlewat. Anda juga bisa menggunakan aplikasi pengatur keuangan buat merekam cash flow setiap bulannya. Dengan begitu, Anda jadi mengerti sampai di batas mana pengeluaran uang.

2. Anda wajib punya dana darurat

Gaya hidup 2

Kehidupan kita pasti masalah yang kita hadapi, bisa juga secara finansial. Jika Anda tidak punya dana darurat sama aja membiarkan diri Anda berada dalam kondisi yang riskan. Keuangan Anda yang awalnya baik-baik aja bisa berubah buruk begitu masalah datang. Hal tersebut bisa terjadi karena Anda tidak punya dana darurat.

Adanya dana darurat menandakan bahwa Anda sudah siap menghadapi kemungkinan buruk yang bisa aja terjadi. Misalnya aja rumah Anda perlu direnovasi. Berkat dana darurat, renovasi rumah bisa dilakukan.

Anda bisa bayangkan jika dana darurat ini tidak tersedia? Anda pastinya harus menunda keinginan renovasi atau mau gak mau mengajukan pinjaman buat memperbaiki rumah.

Nah, kalau gak mau mengambil salah satu dari kedua pilihan di atas, siapkan deh dana darurat mulai dari sekarang. Caranya gampang kok. Kamu cuma harus menyisihkan 7,5 persen dari gaji Anda setiap bulannya. Kumpulkan hingga besarannya mencapai 6 – 9 kali kebutuhan pokokmu per bulan.

3. Mempersiapkan dana untuk pendidikan anak

Sekalipun anak Anda masih balita, bukan berarti gak perlu mempersiapkan dana pendidikan sesegera mungkin. Justru dana pendidikan sebaiknya dipersiapkan sejak anak Anda lahir. Bahkan, akan lebih baik lagi jika dipersiapkan sejak Anda mulai membina rumah tangga.

Dana pendidikan itu tiap tahunnya cenderung meningkat. Walaupun banyak orang menganggap kenaikan tersebut tidak wajar, mau gak mau situasi ini harus dihadapi para orang tua.

Anda tidak ingin kan kalau sampai nantinya terbebani biaya pendidikan anak setiap bulannya? Karena itulah, Anda perlu mempersiapkan dana pendidikan. Caranya, sisihkan gajimu tiap bulannya ke tabungan pendidikan.

4. Mempersiapkan dana buat hari tua nanti

Gaya hidup 3

Mempersiapkan dana untuk hari tua Anda juga sangat perlu, dana untuk hari tua nanti fungsinya keperluan Anda setiap hari dan tidak terlalu membebani anak-anak kita nanti. Sisihkan uang gajian Anda kira-kira 5 persen setiap bulan sebagai simpanan finansial hari tua Anda.

5. Selalu diskusikan masalah keuangan dengan pasanganmu

Salah satu masalah paling besar dalam suatu hubungan adalah masalah keuangan. Makanya setiap masalah keuangan yang ada sebaiknya kamu diskusikan dengan pasanganmu. Jangan sampai ketika masalahnya udah berlarut-larut, kamu baru cerita.

Kunci harmonisnya hubungan itu salah satunya adalah komunikasi dengan pasangan yang selalu terjalin dengan baik. Asal tahu aja nih, masalah bakal cepat selesai kalau bisa diselesaikan bersama-sama. Jadi, jangan pernah sungkan ya menceritakan masalahmu ke pasangan.

Baca juga :

Demikian yang dapat kami Ashaqil bagikan, tentang artikel ini Perlu Perubahan Gaya Hidup Di Usia 30 Tahun, dimana sekiranya informasi ini berguna bagi Anda. Sekian dan terima kasih telah membaca dan mengunjungi www.ashaqil.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel usaha berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *