Onderdil Sepeda Mini Track

By | March 17, 2019

Ashaqil – Setiap orang hampir semuanya memiliki sepeda di rumah berbagai merek dan jenisnya. Seperti yang anda ketahui jenis sepeda di bagi beberapa macam, yaitu MTB, Balap, Mini, Jengki, Lipat dan sepeda anak. Sepeda mini ukuran 20 inches yang sudah di modifikasi sedemikian rupa menjadi sepeda mini trek. Kali ini kita akan bahas tentang onderdil sepeda mini trek.

Onderdil Sepeda Mini Track

Untuk saat ini bisa di katakan mulai sulit mencari onderdil sepeda mini track karena para penggemar sepeda mini trek semakin banyak dan untuk mencari sekaligus membeli onderdil sepeda mini trek anda harus sering mencari lewat toko online yang menjual onderdil sepeda atau bahkan anda harus blusukan ke pasar loak (jual barang bekas) hanya sekedar mencari barang yang anda butuhkan.

Baca Juga: Komunitas Sepeda Mini Trek Di Surabaya

Onderil sepeda mini trek hampir semua dari sepeda balap, antara lain crank, BB crank, hub free hub, ubrake, brake lever, chain, kawat rem, selang rem dan stem, kecuali stang setir, rims dan ban. Onderdil sepeda berupa rims manuka, ban kenda smallblock 20 x 1 1/8 dan stem SR100mm sekarang sangat sulit ditemui di pasaran. Mari kita ulas secara detail sebagai berikut:

Pertama Crank dan BB (Bottom Bracket)

Crank dan bb untuk sepeda mini trek sangat cocok pakai shimano Tiagra, 105, Ultegra dan Dura-ace dengan jumlah gigi 52T atau 53T. BB biasa dijual terpisah, tetapi ada beberapa yang dijual satu set crank dan BBnya. Untuk membeli crank dan BB bisa lewat online atau datang langsung ketoko sepeda ternama, karena tidak semua toko sepeda jual onderdil sepeda ini.

Kedua Hub Free Hub

Hub free hub biasa kita sebut dengan bos depen atau belakang. Untuk hub mayoritas menggunakan hub shimano exage lubang 32 untuk depan dan lubang 36 untuk belakang.

Ketiga Brake Lever (Handle Rem)

Semua merek brake laver dapat digunakan tergantung selera anda, tetapi anda bisa mengunakan merek Diacompe atau Tiagra dengan berbagai tipe. Untuk merek Diacompe sebaiknya anda membeli lewat online, karena di toko sepeda sudah tidak menjual.

Keempat Ubrake

Di toko sepeda sudah menjual berbagai merek dan tipe ubrake, tetapi mayoritas yang dipakai ubrake merek Tekiro, shimano Tiagra, 105, dan Dura-ace.

Kelima chain (rantai)

Jika anda memakai crank dan gear belakang Shimano, sebaiknya rantai juga memakai shimano. Untuk tipenya sesuaikan dengan tipe crank berapa speed.

Keenam Rims (velg)

Rims sepeda mini trek menggunakan ukuran 20 inches balap atau 22 inches dengan ukurang ban 20 x  1 dan 20 x 1 1/8, ukuran ban dalam juga mengikuti. Untuk membeli ban luar anda harus inden terlebih dahulu, karena stok ban luar sangat terbatas bigitu juga ban dalam.

Ketujuh Stem (manukan)

Untuk urusan onderdil sepeda mini track yang satu ini paling susah dicari, karena sudah mulai langka dipasaran. Sepeda mini trek bisa dikatakan unik stemnya menggunakan merek SR, Sakai, Nitto atau 3TTT dengan panjang 100mm.

Di mana anda bisa membeli onderdil sepeda mini trek?, sebaiknya anda membeli lewat toko sepeda langganan anda, online shop dan teman-teman anda. Semua onderdil sepeda sangat berpengaruh satu dengan lainnya demi kenyamanan anda bersepeda.

Demikian yang dapat ashaqil bagikan, tentang onderdil sepeda mini track, dimana artikel ini dapat menjadi referensi bagi anda sebagai penghobby sepeda mini track. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi www.ashaqil.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel sepeda berikutnya.

 

One thought on “Onderdil Sepeda Mini Track

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *