Lakukan Hal Ini Sebelum Ban Sepeda Motor Bocor

By | July 3, 2019

Ashaqil.com, Lakukan Hal Ini Sebelum Ban Sepeda Motor Bocor – Tahukah Anda artikel yang kami bahas tentang Ban Sepeda Motor Bocor ini ?, Jika Anda belum mengetahuinya, ikuti dan baca yang kami rangkum dari beberapa sumber dan Anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini kami berikan informasi menarik dan seputar informasi, kami akan mengulas tentang Hal Ini Sebelum Ban Sepeda Motor Bocor. Dalam beraktifitas setiap saat Anda pasti memakai kendaraan baik sepeda, motor atau mobil. Semua jenis kendaraan tersebut beresiko mengalami ban bocor di jalan. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai Ban Sepeda Motor Bocor secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Ban Bocor

Sebagai orang yang sibuk dengan aktifitas dan memakai kendaraan pribadi, pastinya Anda di tuntut ekstra setiap saat sebelum Anda memulai aktifitas. Pada umumnya masyarakat Indonesia, sepeda motor masih mendominasi jalanan. Di samping harga yang masih terjangkau ekonomi masyarakat, sepeda motor juga dapat di andalkan jika terjadi kemancetan di jalan. Sepeda motor dapat masuk di sela-sela mobil atau bahkan melewati gang kecil (jalan tikus) untuk memotong jalan agar lebih cepat sampai.

Di sisi lain jika memakai sepeda motor, Anda akan di hadapkan dengan masalah pada motor itu sendiri. Misalkan ban bocor, ban bocor ada sepeda motor sering kita jumpai di jalanan dan ini akan menghambat aktifitas Anda. Untuk mengantisipasi ban bocor tidak terjadi pada Anda, sebaiknya Anda perlu lakukan beberapa hal berikut ini.

Periksa Tekanan Angin Pada Ban motor

Setiap pagi hari atau ketika akan melaksanakan aktivitas sebaiknya Anda mengecek tekanan angin pada ban motor Anda, mungkin hanya sekedar di tekan pakai tangan saja atau mememakai alat ukur tekanan ban. Hal ini bertujuan jika ban motor Anda kurang tekanan angin (gembos), maka laju motor Anda akan tidak stabil (oleng) dan ban motor jika terkena benda lancip mudah langsung nancap ke dalam ban motor akan mengakibatkan bocor. Tekanan ban motor antara 29psi – 33psi, itu pun tergantung pemakaian Anda setiap harinya. Setiap jenis motor tekanan ban pasti berbeda-beda karena sudah ada standart dari pabrikan masing-masing.

Ganti Ban Luar Motor Jika Aus (Gundul)

Ban motor pasti punya masa ausnya, jika sering di pakai maka kembangan ban motor cepat habis (gundul) dan ini sangat membahayakan laju kendaraan Anda dan orang lain di jalanan. Keadaan ban gundul biasanya di tandai garis-garis di bagian tengah ban motor mulai hilang, jangan menunggu garis samping ban hilang. Ban gundul juga penyebab ban sering bocor karena lapisan luar ban sudah menipis.

Ganti Ban Dalam Motor

Sebenarnya ban bocor terjadi tidak selalu ban luar sudah gundul, tapi juga kondisi ban dalam sudah banyak tambalan. Sehingga kekuatan ban dalam ketika ada tekanan menjadi kurang kuat. Sebaiknya bekas tambalan pada ban dalam jangan lebih dari 2 (dua) bekas tambalan, jika lebih sebaiknya ada ganti dengan yang baru.

Catat Tempat Tambal Ban

Hal ini mungkin sangat sepele bagi Anda, tetapi jika terjadi ban bocor maka Anda bisa jadi susah mencari tempat tambal ban terdekat. Untuk itu alangkah baiknya jika Anda mencatat tempat tambal ban di jalan yang Anda lalui setiap Anda beraktivitas kerja setiap hari. Anda bisa mencatat pada smartphone atau buku catatan Anda, hal ini nanti akan memudahkan Anda sendiri dan orang lain. Jika orang lain mengalami ban bocor dan Anda menjumpai di jalan, maka Anda bisa tunjukan tempat tambal ban terdekat.

Hindari Lubang dan Benda Tajam Di Jalan

Ban motor bocor juga di pengarui faktor alam, misalkan kondisi jalanan yang berlubang dan adanya benda tajam yang tercecer di jalan. Sebaiknya Anda harus berhati-hati waktu berkendara di jalan, waspada pada kondisi jalan yang Anda lalui. Tentunya hal ini pasti Anda pernah alami waktu di jalan. Patuhilah rambu-rambu lalu-lintas yang ada jangan coba-coba Anda melanggar karena dapat membahayakan diri Anda sendiri dan orang lain.

Berdoa Sebelum Anda Beraktivitas

Dari antisipasi yang Anda lakukan, hal ini adalah yang paling penting sebelum Anda melaksanakan aktivitas rutin. Memang semua juga usaha kita tapi semuanya adalah kehendak Tuhan Yang Maha Esa agar kita mengingat Dia selalu. Sebaiknya Anda BERDOA sebelum aktivitas rutin agar kita terhindar dari bahaya yang mengancam.

Baca juga : Hidup Sehat Dengan Berolah Raga Sepeda

Demikian yang dapat kami ashaqil bagikan, tentang artikel ini Lakukan Hal Ini Sebelum Ban Sepeda Motor Bocor, dimana sekiranya informasi ini berguna bagi Anda, memang hal di atas kelihatan sepele tapi jika terjadi pada diri kita maka terasa penting. Sekian dan terima kasih telah membaca dan mengunjungi ashaqil.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel kami berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *