Hidup Sehat Dengan Berolah Raga Sepeda

By | June 4, 2019

Ashaqil, Hidup Sehat Dengan Berolah Raga Sepeda – Tahukah Anda artikel yang kami bahas tentang Berolah Raga Sepeda ini ?, Jika Anda belum mengetahuinya, ikuti dan baca yang kami rangkum dari beberapa sumber dan Anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini kami berikan informasi menarik dan seputar informasi, kami akan mengulas tentang Sehat Dengan Berolah Raga Sepeda. Olahraga sepeda saat ini menjadi primadona bagi kalangan masyarakat. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai Berolah Raga Sepeda secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

olahraga sepeda

 

Bagi para penggemar olahraga sepeda, selain bikin badan sehat, bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan, hati pun menjadi riang. Kalau Anda perhatikan orang yang mengayuh pedal di jalanan, ekspresi wajahnya terlihat bahagia, seolah hidup tanpa beban. Contoh sederhana olahraga sepeda bebas dari kemacetan yang setiap hari membuat stres para pengendara motor dan mobil.

Bersepeda saat ini menjadi tren di kalangan masyarakat, di samping olahraga lari. Hari Bebas Kendaraan atau Car Free Day (CFD) yang jatuh setiap hari minggu dimanfaatkan banyak pecinta olahraga sepeda maupun komunitas sepeda untuk berkumpul menyalurkan hobi mereka atau sebagai ajang silaturahim.

Olahraga sepeda seperti menular. Beberapa tahun lalu hanya segelintir orang, tapi diera milenial ini jumlah pengendara sepeda semakin banyak. “Bike to Work” bukan lagi sebatas slogan, melainkan sudah diimplementasikan. Harapannya virus gowes makin menyebar, sehingga bersepeda dapat menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia.

Olahraga sepeda dapat mempengaruhi beberapa faktor pada diri Anda, antara lain:

1. Dapat Menghemat Pengeluaran Anda

Sudah pasti bersepeda bisa menghemat pengeluaran kamu. Misalnya saja ongkos transportasi menggunakan angkutan umum dari rumah-kantor per hari Rp10.000. Dikali jumlah hari kerja 22 hari, maka kamu bisa hemat Rp220 ribu per bulan. Jika dihitung selama 1 tahun (12 bulan), maka jumlahnya Rp2,64 juta per bulan. Sementara kalau dengan bersepeda, gaji kamu bisa utuh.

2. Bebas Dari Kemacetan

Kalau manfaat ini tidak usah ditanya lagi, gowes sepeda ke kantor lebih efisien karena tidak akan terjebak kemacetan. Dengan demikian, kesehatan mentalmu akan lebih terjaga karena tidak harus berkutat pada masalah kemacetan.

3. Dapat Mengurangi Stres dan Depresi

Jika Anda mengayuh sepeda tidak terburu-buru alias santai. Bersepeda di pagi hari, bonusnya bisa menghirup udara segar, sehingga dapat mengurangi stres dan depresi, serta meningkatkan rasa bahagia. Bersepeda tidak monoton, karena Anda mengayuh pedalmu sambil melihat pemandangan beragam, seperti gedung pencakar langit. Syukur-syukur masih menjumpai danau atau pemancingan, area persawahan, sehingga dapat memperbaiki mood.

4. Dapat Menurunkan Berat Badan dan Mengencangkan Otot Paha

Olahraga sepeda secara rutin dapat membakar kalori, lemak dalam tubuh, dan menurunkan berat badan. Tidak usah lama-lama, cukup 30 menit setiap hari. Karena berdasarkan studi, bersepeda dapat memberangus 5 kg lemak. Selain itu, menggenjot sepeda mampu mengencangkan otot paha. Jangan lupa pemanasan dulu sebelum gowes untuk menghindari nyeri pada betis dan paha setelah bersepeda nantinya.

5. Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung, Kanker, dan Diabetes

Manfaat olahraga sepeda bagi kesehatan memang dahsyat. Bersepeda secara teratur dapat melancarkan aliran darah, menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker usus dan payudara, serta penyakit diabetes karena tubuh diajak untuk beraktivitas secara berkala.

Sehat Nomor Satu, Gaya Nomor Sekian

Olahraga sepeda dapat membuat Anda enjoy, pilihlah sesuatu yang membuatmu nyaman. Begitupun dengan sepeda Anda, karena akan dipakai setiap hari untuk gowes. Nyaman dalam artian sesuai dengan keinginan dan nyaman pula untuk kantong Anda. Jangan kebanyakan gaya.

Kalau Anda cuma mau ikut-ikutan tren dan gengsi, Anda pasti tak segan-segan merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli sebuah sepeda, meskipun harus berutang. Akan tetapi, jika didasari pada kebutuhan dan pertimbangan isi dompet, Anda akan menahan diri dari segala jurus rayuan pemilik toko untuk memboyong sepeda dengan harga mahal. Yang penting manfaat dan sensasinya, bukan harganya.

Baca juga Mari Telaah Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Kita

Demikian yang dapat kami Ashaqil bagikan, tentang artikel ini Hidup Sehat Dengan Berolah Raga Sepeda, dimana sekiranya informasi ini berguna bagi Anda. Sekian dan terima kasih telah membaca dan mengunjungi www.ashaqil.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel sepeda berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *